Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
boneka-keropi-dengan-bahan-rasfur

gambar boneka keropi dengan bahan rasfur

Bahan boneka, cara dan proses membuat boneka

Hie .. ketemu lagi nih sama boneka kartun.. mau tau tentang seluk beluk boneka muali dari bahan, dan proses pembuatannya?  hayok deh

sekarang kamu akan belajar tentang Bahan boneka, cara dan proses membuat boneka ... hayo yang pada ngaku penggemar boneka tahu gak.... ? bahan boneka ada berbagai macam karena tiap bahan beda peruntukan dan beda harganya . itu sob yang bikin bonekanya harganya beda beda meski ukurannya sama. Hehehhe...  kemudian  kita akan belajar tentang proses pembuatan boneka. Cekidot..

Jenis bahan boneka bermacam-macam secara simpel komponennya adalah  kain, aksesoris dan   isi

pertama kain / skin  ini kita akan membahas dari kain bahan boneka yang  di pakai. Umumnya bisa dikelompokkan dalam 4 jenis, yaitu:

1. Bahan Rasfur:

Bahan boneka kartun yang  ini bulunya panjang dan lurus kayak di boneka bear itu lhoh..Harga bahan jenis ini termasuk yang mahal.Bulu yang makin  panjang semakin mahal  pula harganya. Hehehe Warna yang ada umumnya warna macem macem tinggal pilih ... rasfur ini ada juga yang keriting dan disebut juga  snail..


boneka-hello kitty-dengan-bahan-rasfur -keriting-atau-snail
gambar boneka hello kitty dengan bahan rasfur keriting atau snail

2. Bahan Yelvo:

Bahan boneka boneka kartun yang bulunya pendek, bila diraba terasa lebih halus dan licindari bahan velboa. Harga bahan jenis ini termasuk yang mahal (Import) & lebih sulit proses penjahitannya karena licin itu sob.. Bahan yelvo sangat aman untuk anak-anak karena ga rontok.. dan halus. Warna juga macem macem. Yelvo, Bahan ini memiliki bulu yang pendek layaknya velvoa namun ketika disentuk oleh tangan terasa lebih halus dibandingkan velvoa. Harga mahal ini cenderung mahal karena produk import. Bahan juga mempunyai tingkat elastisitas yang tinggi (Lebih Melar). Hal itu menyebabkan tidak semua penjahit dapat menjahit bahan ini.
boneka-hello-kitty-bahan-yelvo
gambar boneka hello kiti bahan yelvo

3. Bahan Velboa:


Bahan boneka yang bulunya pendek. Harga bahan ini relatif lebih murah.  Paling sering di gunakan karena selain mudah di buat boneka , warnanya macem macem, harganya pun lebih murah sehingga Paling banyak digunakan untuk boneka-boneka pada umumnya.

boneka-winnie -the-pooh-bahan-velboa
gambar boneka kartun winnie  the pooh bahan velboa

4. Bahan Nylex:

Bahan Boneka yang bulunya tipis dan cenderung kasar. Harga bahan jenis ini merupakan paling murah di antara yang lain. Biasanya dipakai pada boneka-boneka yang berbentuk manusia. Ni juga tipis jsdi cocok di bentuk boneka yang bentuknya seperti tubuh contoh boneka cindy atau boneka minie dan mickey mause ini

boneka-minie-mause-bahan-nylex
gambar boneka kartun  minie mause bahan nylex

Kedua aksesoris boneka. 

Bahan –bahan berupa manik-manik dan kancing sering digunakan sebagai hiasan boneka. Walaupun terlihat sederhana namun, kehadiran aksesoris dapat menambah nilai dan keindahan boneka serta memperjelas bentuk boneka. (pita dan bahan cotton yang dijahit berupa baju)

boneka beruang dengan aksesoris pita , topi serta manik mata
gambar boneka beruang dengan aksesoris pita , topi serta manik mata

Ketiga bahan isian boneka 

berupa dacron atau kapas sintetis yang aman bagi kesehatan karena tidak menimbulkan debu dan bentuk akan kembali ke semula bila di cuci atau ditekan tekan

Sekarang kita akan belajar mengenai proses atau langkah membuat boneka setelah mempelajari bahan pembuat boneka. Nah ini dia langkah langkahnya

1.   pemilihan bahan baku

ya dipilih aja bahan boneka  diatas yang akan di gunakan

2.   Pembuatan desain  Pola

Awal dari pembuatan boneka di boneka kartun adalah mendasain suatu bentuk yang di kehendaki. Mungkin darai tokoh kartun atau boneka di terjemahkan dengan gambar visual pada kertas atau bisa menggunakan softwere corel draw .  dan pola ini yang akan dijadikan master pada produk boneka

3.   Pemotongan/ cutting

Setelah desain gambar boneka kartun lucu  berhasil di bentuk kemudian bahan boneka di potong  bisa manual dengan gunting atau elektrik. Kalau pengrajin boneka biasa merakitnya sendiri sengan asbes yang di potong kemudian di beri elemen pemanas sehingga membuat pemotongan jauh lebih cepat dan bahan tetap murah. Dan kemudian. kalo di perusahaan besar mengunakan laser karena potongan lebih rapi.

4.   Sortir

Nah ni potongan  pola boneka di pilih sob yang baik dan memisahkan bahan yang di pakai dan sisanya..

5.   Proses Penjahitan/ sewing dari  bahan

Langkah selanjutnya adalah proses penjahitan pola. Disini Mal/ pola berupa potongan-potongan boneka akan disatukan dan siap untuk dijahit. Penjahitan dilakukan dengan mesin jahit listrik alasannya agar produk yang dihasilkan lebih maksimal.

6.   Penambahan Aksesoris Boneka/ stuffing

Penambahan aksesoris boneka di boneka kartun ini dilakukan untuk mempercantik boneka, seperti pemberian manik mata, pita dan sebagainya

7.   Pengisian Dacron

Dalam proses penjahitan tidak semua bagian boneka dijahit. Hal itu dikarenakan nantinya boneka akan dimasukkan isi dalam. Isi Dalam yang sering dipergunakan adalah kapas dan silicon. Pengisian pun tidak dilakukan sampai padat namun secukupnya tanpa harus mengurangi keindahan bentuk boneka.

8.   Controlling

Jadi ini proses quality control. Atau pengecekan kualitas layak jual atau enggak , cacat atau gak gitu sob.. biar penggemar boneka jadi seneng

9.   Packing

Nah yang ini terakhir,. Boneka kartun lucu di kemas dan siap di jual di seluruh indonesia


Ya itulah sedikit penjelasan dari boneka kartun tentang Bahan boneka, cara dan proses membuat boneka semoga bermanfaat bagi taman teman bonekartun 





Bahan boneka, gambar, cara dan proses membuat boneka kartun lucu bonekartun

boneka-keropi-dengan-bahan-rasfur

gambar boneka keropi dengan bahan rasfur

Bahan boneka, cara dan proses membuat boneka

Hie .. ketemu lagi nih sama boneka kartun.. mau tau tentang seluk beluk boneka muali dari bahan, dan proses pembuatannya?  hayok deh

sekarang kamu akan belajar tentang Bahan boneka, cara dan proses membuat boneka ... hayo yang pada ngaku penggemar boneka tahu gak.... ? bahan boneka ada berbagai macam karena tiap bahan beda peruntukan dan beda harganya . itu sob yang bikin bonekanya harganya beda beda meski ukurannya sama. Hehehhe...  kemudian  kita akan belajar tentang proses pembuatan boneka. Cekidot..

Jenis bahan boneka bermacam-macam secara simpel komponennya adalah  kain, aksesoris dan   isi

pertama kain / skin  ini kita akan membahas dari kain bahan boneka yang  di pakai. Umumnya bisa dikelompokkan dalam 4 jenis, yaitu:

1. Bahan Rasfur:

Bahan boneka kartun yang  ini bulunya panjang dan lurus kayak di boneka bear itu lhoh..Harga bahan jenis ini termasuk yang mahal.Bulu yang makin  panjang semakin mahal  pula harganya. Hehehe Warna yang ada umumnya warna macem macem tinggal pilih ... rasfur ini ada juga yang keriting dan disebut juga  snail..


boneka-hello kitty-dengan-bahan-rasfur -keriting-atau-snail
gambar boneka hello kitty dengan bahan rasfur keriting atau snail

2. Bahan Yelvo:

Bahan boneka boneka kartun yang bulunya pendek, bila diraba terasa lebih halus dan licindari bahan velboa. Harga bahan jenis ini termasuk yang mahal (Import) & lebih sulit proses penjahitannya karena licin itu sob.. Bahan yelvo sangat aman untuk anak-anak karena ga rontok.. dan halus. Warna juga macem macem. Yelvo, Bahan ini memiliki bulu yang pendek layaknya velvoa namun ketika disentuk oleh tangan terasa lebih halus dibandingkan velvoa. Harga mahal ini cenderung mahal karena produk import. Bahan juga mempunyai tingkat elastisitas yang tinggi (Lebih Melar). Hal itu menyebabkan tidak semua penjahit dapat menjahit bahan ini.
boneka-hello-kitty-bahan-yelvo
gambar boneka hello kiti bahan yelvo

3. Bahan Velboa:


Bahan boneka yang bulunya pendek. Harga bahan ini relatif lebih murah.  Paling sering di gunakan karena selain mudah di buat boneka , warnanya macem macem, harganya pun lebih murah sehingga Paling banyak digunakan untuk boneka-boneka pada umumnya.

boneka-winnie -the-pooh-bahan-velboa
gambar boneka kartun winnie  the pooh bahan velboa

4. Bahan Nylex:

Bahan Boneka yang bulunya tipis dan cenderung kasar. Harga bahan jenis ini merupakan paling murah di antara yang lain. Biasanya dipakai pada boneka-boneka yang berbentuk manusia. Ni juga tipis jsdi cocok di bentuk boneka yang bentuknya seperti tubuh contoh boneka cindy atau boneka minie dan mickey mause ini

boneka-minie-mause-bahan-nylex
gambar boneka kartun  minie mause bahan nylex

Kedua aksesoris boneka. 

Bahan –bahan berupa manik-manik dan kancing sering digunakan sebagai hiasan boneka. Walaupun terlihat sederhana namun, kehadiran aksesoris dapat menambah nilai dan keindahan boneka serta memperjelas bentuk boneka. (pita dan bahan cotton yang dijahit berupa baju)

boneka beruang dengan aksesoris pita , topi serta manik mata
gambar boneka beruang dengan aksesoris pita , topi serta manik mata

Ketiga bahan isian boneka 

berupa dacron atau kapas sintetis yang aman bagi kesehatan karena tidak menimbulkan debu dan bentuk akan kembali ke semula bila di cuci atau ditekan tekan

Sekarang kita akan belajar mengenai proses atau langkah membuat boneka setelah mempelajari bahan pembuat boneka. Nah ini dia langkah langkahnya

1.   pemilihan bahan baku

ya dipilih aja bahan boneka  diatas yang akan di gunakan

2.   Pembuatan desain  Pola

Awal dari pembuatan boneka di boneka kartun adalah mendasain suatu bentuk yang di kehendaki. Mungkin darai tokoh kartun atau boneka di terjemahkan dengan gambar visual pada kertas atau bisa menggunakan softwere corel draw .  dan pola ini yang akan dijadikan master pada produk boneka

3.   Pemotongan/ cutting

Setelah desain gambar boneka kartun lucu  berhasil di bentuk kemudian bahan boneka di potong  bisa manual dengan gunting atau elektrik. Kalau pengrajin boneka biasa merakitnya sendiri sengan asbes yang di potong kemudian di beri elemen pemanas sehingga membuat pemotongan jauh lebih cepat dan bahan tetap murah. Dan kemudian. kalo di perusahaan besar mengunakan laser karena potongan lebih rapi.

4.   Sortir

Nah ni potongan  pola boneka di pilih sob yang baik dan memisahkan bahan yang di pakai dan sisanya..

5.   Proses Penjahitan/ sewing dari  bahan

Langkah selanjutnya adalah proses penjahitan pola. Disini Mal/ pola berupa potongan-potongan boneka akan disatukan dan siap untuk dijahit. Penjahitan dilakukan dengan mesin jahit listrik alasannya agar produk yang dihasilkan lebih maksimal.

6.   Penambahan Aksesoris Boneka/ stuffing

Penambahan aksesoris boneka di boneka kartun ini dilakukan untuk mempercantik boneka, seperti pemberian manik mata, pita dan sebagainya

7.   Pengisian Dacron

Dalam proses penjahitan tidak semua bagian boneka dijahit. Hal itu dikarenakan nantinya boneka akan dimasukkan isi dalam. Isi Dalam yang sering dipergunakan adalah kapas dan silicon. Pengisian pun tidak dilakukan sampai padat namun secukupnya tanpa harus mengurangi keindahan bentuk boneka.

8.   Controlling

Jadi ini proses quality control. Atau pengecekan kualitas layak jual atau enggak , cacat atau gak gitu sob.. biar penggemar boneka jadi seneng

9.   Packing

Nah yang ini terakhir,. Boneka kartun lucu di kemas dan siap di jual di seluruh indonesia


Ya itulah sedikit penjelasan dari boneka kartun tentang Bahan boneka, cara dan proses membuat boneka semoga bermanfaat bagi taman teman bonekartun